SURAT KABAR KAMBOJA DI TUTUP KARENA PENGKHIANATAN

BERITA HARIAN 888 – Minggu, salah satu dari sedikit surat kabar independen Kamboja yang tersisa yang diumumkan akan ditutup berjam-jam setelah pemimpin oposisi negara tersebut ditangkap karena pengkhianatan, yang terbaru dalam serangkaian pukulan terhadap kritik terhadap perdana menteri kuat Hun Sen. Harian Kamboja, yang kerap mengkritik pemerintah, mengatakan bahwa edisi Senin akan menjadi yang terakhir setelah ditampar dengan tagihan pajak multi-juta dolar yang menurut penerbitnya bermotif politik.

Pengumuman DOMINO ONLINE tersebut disampaikan setelah Kem Sokha, ketua Partai Reserse Nasional Kamboja (CNRP), ditangkap sesaat setelah tengah malam karena tuduhan pengkhianatan dengan Perdana Menteri Hun Sen menuduhnya bertindak dalam perselisihan dengan Washington, sebuah eskalasi retoriknya yang sering marah terhadap KAMI.

Negara Asia Tenggara telah berjalan selama lebih dari tiga dekade oleh Hun Sen yang berusia 65 tahun, seorang operator politik yang telah lama menggunakan pengadilan dan taktik militer untuk membungkam kritik. Dia menghadapi ujian kunci pada pemilihan nasional tahun depan dengan partai oposisi utama mulai populer di tengah meningkatnya kemarahan atas korupsi dan ketidaksetaraan.

Serangkaian penuntutan diajukan terhadap lawan politik dan pekerja hak asasi manusia pada tahun lalu, serta pajak dan investigasi lainnya terhadap organisasi yang dianggap kritis terhadap pemerintahannya. Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan penutupannya, Harian Kamboja mengatakan telah “dihancurkan” oleh pemerintah.

“Ini adalah hari yang gelap untuk kebebasan pers di Kamboja,” kata editor Jodie DeJonge, kepada AFP.

Makalah ini dibuat 24 tahun yang lalu oleh wartawan Amerika veteran Bernard Krisher yang baru-baru ini menjualnya kepada putrinya Deborah Krisher-Steele. Buku ini diterbitkan dalam bahasa Inggris namun memuat beberapa artikel di Khmer dan sering mengkritik pemerintah.

Bulan lalu departemen pajak mengatakan surat kabar QQ ONLINE tersebut memiliki $ 6,3 juta pajak kembali, dengan Hun Sen merekrut pemilik “pencuri”. Makalah tersebut mengatakan bahwa angka tersebut “sewenang-wenang” dan tidak didasarkan pada audit terhadap bukunya, dengan manajemen menuduh pemerintah menargetnya karena laporan kritisnya.

Sebagian besar media Kamboja dimiliki oleh orang-orang yang dekat dengan Hun Sen atau menghindari kritik terhadap pemerintah.

Leave a Reply